Resume Managemen Umum 8-14

Nama :  I Gusti Ngurah Thierry Agusta
NIM   : 1241010096
Kelas  : Q3
Resume Managemen Umum 8-14

Pengarahan


Personalia Organisasi:
Fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan dan pengembangan anggota-anggota organisasi.

Merupakan nilai organisasi: membuat organisasi berkinerja tinggi dengan SDM yang memiliki  kinerja tinggi.


Fungsi proses penyusunan personalia:
                    I. Memastikan bahwa karyawan yang dipilih adalah yang kompeten.
                 II. Memberikan karyawan pengetahuan dan keterampilan.
       Proses penyusunan personalia:
                    I. Perencanaan SDM, yang dirancang untuk menjamin keajegan dan pemenuhan kebutuhan personalia organisasi.
                 II. Penarikan, yabg berhubungan dengan pengadaan calon-calon personalia.
               III. Seleksii, mencakup penilaian dan pemilihan.
               IV. Pengenalan & orientasi.
                 V. Latihan & pengembangan.
               VI. Penilaian pelaksanaan kerja.
            VII. Pemberian balas jasa.
          VIII. Perencanaan & pengembangan karier.
Perencanaan SDM:
                    I. Faktor Internal: penentuan jabatan.
                 II. Faktor Eksternal: pemahaman pasar tenaga kerja, pertimbangan kondidi permintaan, dan penawaran karyawan.
Proses perencanaan SDM:
Proses dimana manajer memastikan bahwa mereka memiliki jumlah dan jenis orang ditempat yang tepat dan pada saat yang tepat yang mampu secara efektif dan efisien.


A.      Recruitment
          Dari luar
Kelemahan: mahal, adanya turn over
          Dari dalam
Keuntungan: 1. Orang ang direkrut sudah mengenal organisasi.
                      2. kebijakan promosi memperkuat loyalitas.
                      3. memberi inspirasi untuk lebih berprestasi.
B.      Selection
Proses penyaringan tenaga kerja untuk memastikan bahwa calon yang paling tepat yang akan diperkerjakan.
C.      Manajemen kinerja karyawan
Suatu proses menetapkan standar kinerja.
D.     Compensation and benefits
Pemberian kepada karyawan dengan pembayaran financial sebagai balas jasauntuk pekerjaan yang dilaksanakan.
E.      Training & Development
Tujuan : memperbaiki efektifitas kerja untuk mencapai hasil-hasil kerja



 PERTEMUAN 9



Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain.
Fungsi komunikasi sebagai berikut:
v  Fungsi control: pengendali.
v  Fungsi motivasi: factor meningkatkan motivasi.
v  Fungsi ekspresi perasaan: menyampaikan perasaan kepada orang lain.
v  Fungsi informasi: penyampaian informasiyang berguna untuk pengambilan keputusan.
Model proses komunikasi:
1.      Sumber
2.      encoding
3.      Penerima berita
4.      Decoding
5.      Umpan balik
Efektifitas komunikasi organisasi:
1.      Saluran komunikasi formal
2.      Struktur organisasi
3.      Spesialisasi jabatan
4.      Pemilihan informasi



Tipe saluran komunikasi
1.      Komunikasi vertikal
·         Komunikasi ke bawah (memberi pengarahan)
·         Komunikasi ke atas (laporan periodik)
2.      Komunikasi horizontal (bersifat koordinatif)
3.      Komunikasi diagonal
Hambatan komunikasi efektif
1.      Hambatan-hambatan orgnisasional
·         Tingkatan hierarki
·         Wewenang manajerial
·         Spesialisasi
2.      Hambatan-hambatan antar pribadi
·         Persepsi selektif
·         Status / kedudukan komunikator
·         Keadaan membela diri
·         Pendengaran lemah
·         Ketidaktepatan penggunaan bahasa
Peningkatan aktivitas komunikasi
1.      Kesadaran akan kebutuhan komunikasi efektif
2.      Penggunaan umpan balik
3.      Menjadi komunikator yang lebih efektif

KEPEMIMPINAN
Adalah kemampuan untuk mempengaruhi kelompok menuju pencapaian sasaran.
KEKUASAAN
Adalah kemampuuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar melakukan sesuatu (meskipun tidak diinginkan). 


  PERTEMUAN 10

Pengawasan
Pengawasan
·         Proses untuk menjamin bahwa tujuan organisasi dan manajemen tercapai, bagaimana membuat kegiatan sesuai yang di rencanakan
·         Pengawasan bertindak sebagai kriteria penilaian pelaksanaan kerja terhadap rencana
Tipe dasar pengawasan
·         Pengawasan pendahuluan
o Sifat : aktif- agresif
o   Efektif hanya bila manajer mampu mendapat info akurat dan tepat pada waktunya terhadap perkembangan/ perubahan dalam lingkungan.
·         Pengawasan berhenti-terus
o   Proses dimana proses tertentu dari suatu proses haarus di setujui dulu sebelum melakukan kegiatan bisa dilakukan
·         Pengawasan umpan balik
o   Sifat : historis
o   Mengukur hasil kegiatan yang telah dilaksanakan
Proses pengawasan
1.      Penetapan standar pelaksanaan à target penjualan, keslamatan kerja
o   3 bentuk standar umum :
§ Standar fisik à kuantitas barang/jasa, kualitas produk
§ Standar moneter à biaya kerja, pendapatan
§ Standar waktu à batas waktu produksi
2.      Penetapan Pengukuran Pelaksanaan
o   Berapa kali dilakukan
o   Dalam bentuk apa pengukuran akan dilakukan
o   Siapa yang terlibat
3.       Pengukuran Pelaksanaan Kegiatan
o   Pengamatan (observasi)
o   Laporan-laporan (lisan/tulis)
o   Metoda otomatis
o   Inspeksi, pengujian (test), pengambilan sampel à internal auditor
4.      Perbandingan dan analisa penyimpangan
5.      Pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan
o   Stnadar diubah, pelaksanaan diperbaiki, atau keduanya dilakukan secara bersamaan
Pentingnya pengawasan
·         Perubahan lingkungan organisasi
o   Mampu menghadapi tantangan / memanfaatkan setiap kesempatan
·         Peningkatan kompleksitas organisasi
o   Semakin besar organisasi, pengawasan semakin berhati-hati
·         Kebutuhan pendelegasian wewenang
Perancangan Proses Pengawasan
1.      merumuskan hasil yang diinginkan
o   sejelas mungkin
o   dihubungkan dengan individu yang bertanggung jawab
2.      menetapkan penunjuk hasil
o   pengukuran masukan
o   perubahan dalam kondisi yang diasumsikan
3.      mentapkan standar dan petunjuk hasil
4.      menetapkan jaring informasi dan umpan balik
5.      menilai informasi dan mengambil tindakan koreksi
Ciri-ciri pengawasan efektif
·         Akurat
·         Tepat wakktu
·         Obyektif
·         Terpusat pada titik pengawasan strategik
·         Realistik secara ekonomis & organisasional
·         Terkoordinasi
Metode pengawasan
·         Kualitatif
·         Kuantitaif
Instrumen pengawasan
·         Standar hasil yang direncanakan
·         Anggaran
·         Data-data statistik
·         Laporan
·         Auditing
·         Observasi langsung

What is Change (Perubahan)
Organizational change
-          Any alternations in the people, structure, or technology of an organization
Characteristics Of Change
-          Is constant yet varies in degree and direction
-          Produces uncertainly yet is not completely un predict table.
Creates both threats and opportunities
Kekuatan-kekuatan perubahan :
-          Eksternal Forces
o   Pasar
o   Peraturan pemerintah diundang-undang
o   Teknologi
o   Fluktuasi pasar tenaga kerja (naik-turun)
-          Internal Forces
o   Strategy Organisasi
o   Angkatan kerja
o   Peralatan baru
o   Sikap karyawan

 PERTEMUAN 11

PERUBAHAN/ Change Agents
                Change Agents
                Person who act as catalysts and asrume the responsibility for managing the change process
                Types Of Change Agents
-          Managers                    : Internal entrepreneurs
-          Non Manager            : change specialists
-          Outside Consultants: Change implementation expert.
Pandangan Proses Perubahan
-          Metafora “air tenang”
Description of the change process as a break in organizations equilibrium state.
a.       Pencarian status quo
b.      Perubahan menjadi keadaan baru
c.       Pembekuan kembali keadaan baru untuk menjadi mantap.
-          Metafora “arus jeram”
Keadaan lingkungan stabil dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya
3 catagories of change
-          Structure                     : work specialization
-          Technology                 : work processes, metods, and equipment
-          People                          : attitudes, expectations
Organizational Development
-          Organizational Development
2 teknik atau program untuk mengubah orang serta sifat dan mutu hubungan kerja antar pribadi.
Organizational Development Techniques
1.       Sensitivity taining
2.       Team building
3.       Intergroup development
4.       Process consultation
5.       Survey feedback
Managing Resistance to change
Why people resist change
1.       Ketidak jelasan dan ketidak pastian
2.       Nyaman dengan kebiasaan lama
3.       Kekhawatiran kerugian pribadi
4.       Keakinan bahwa perubahan tidak mengutungkan organisasi
Managerial actions to reduce resistance to change
1.       Pendidikan dan komunikasi
2.       Fasilitas dan dukungan
3.       Seleksi orang yang menerima perubahan
4.       Partisipasi
5.       Negoisasi
6.       Paksaan
Persoalan dalam perubahan Organisasi
·         Perubahan budaya organisasi
·         Budaya kebal terhadap perubahan
·         Pembentukannya membutuhkan waktu yang lama
·         Cenderung menjadi berurat dan berakar.
·         Factor situasi dalam perubahan budaya
§  Terjadi krisis yang dramatis
§  Penggantian pemimpin
§  Organisasi yang muda dan kecil
§  Budayanya lemah
  • Strategis for managing cultural change
·         Melakukan analisis budaya untuk mengenali unsur budaya yang memerlukan perubahan.
·         Memberikan penerangan tentang perlunya perubahan budaya organisasi.
·         Menunjuk kepemimpinan baru yang memiliki visi baru.
·         Memprakarrai reorganisasi : perubahan struktur
·         Menyampaikan cerita atau ritual baru untuk menyampaikan visi baru
·         Mengubah system nilai dan pemberian imbalan untuk mendukung nilai-nilai baru.
  • Persoalan dalam perubahan organisasi (cont’d)
Menangani stress karyawan
·         Stress
Tekanan fisik dan psikologis yang dirasakan seseorang ketika menghadapi hambatan.
·         Gejala-gejala stress
·         Pshycal
·         Psychological
·         Behavioral
  • Persoalan dalam perubahan organisasi
·         Mengurangi stress
·         Mengurangi karyawan
·         Hubungan dengan Tasks,Duties, and Responsibel (TDR'S)
·         Tinjauan pekerjaan yang realistis
·         Perencenaan ulang pekerjaan
·         Memberikan program bimbingan konseling
·         Program manajemen waktu
·         Program pemulihan atau kebugaran
·         Membuat perubahan yang sukses
·         Menghubungkan masa kini dan masa depan
·         Membuat cara hidup sebagai pelajaran
  • Merangsang inovasi
·         Kreativitas
Kemampuan untuk mengabungkan ide-ide
·         Inovasi
  • Innovation variabels
·         Structural variabels
·         Human resource variabels
·         Cultural variabels



 PERTEMUAN 12

Globalisasi dan Manajemen

The global market place
·         Peluang dan tantangan
o   Mengatasi perubahan mendadak dari para saingan
o   Mengetahui perubahan budaya, politik, dan ekonomi
o   Menghadapi rasa ketidakpastian, ketakutan dan kecemasan
o   Beradaptasi dengan perubahan lingkungan
Perbedaan jenis organisasi global
·         Multinationa corporation
o   Perusahaan yg menyelenggarakan operasi di berbagai negara tetapi mengelola operasi dari basis negara asal, contoh : sony
·         Multidomestic corporation
o   Perusahaan yg mendesentralisasikan manajemen dan keputusan-keputusannya pada daerah lokal.
·         Gloal company
o   Perusahaan yg mendesentralisasikan manajemen dan keputusan-keputusannya pada negara tuan rumah, contoh : nestle
·         Organisasi tanpa batas
o   Tipe organisasi global dimana hamabatan geografis buatan manusia dihilangkan
Other Form of globalization
·         Aliansi strategik
o   Kemitraan antara organisasi dan perusahaan asing dimana keduanya berbagi sumber daya dan pengetahuan guna mengembangkan produk baru atau membangun fasilitas produksi (Toshiba-Siemens-IBM à generasi baru chips komputer)
·         Usaha patungan
o   Aliansi strategis tertentu dimana rekannya setuju utk membentuk organisasi yg terpisah dan independen untuk mencapai tujuan bisnis tertentu (Hewlett-Packard memiliki usaha yg berbedabeda bagi peralatan komputernya)
·         Anak perusahaan luar negri
o   Fasilitas produksi atau kantor yg terpisah dan independent
Mengelola di lingkungan global
·         Lingkungan politik-hukum
·         Lingkungan ekonomi
o   Ekonomi pasar
o   Comand economy
·         Monetary and financial factors
o   Tingkat pertukaran uang
o   Tingkat inflasi
o   kebijakan pajak
·         Lingkungan budaya
o   Budaya nasional
§  Nilai dan sikap yang dipegang oleh individu dari negara tertentu yg membentuk perilaku dan keyakinan mereka tentang apa yang dianggap penting


 PERTEMUAN 13 & 14



Entrepreneur and Intrapreneur

Entrepreneurship
·        Robbin & Coulter
o   Adalah proses dimana seorang individu atau kelompok menggunakan usaha dan sarana yang dimilikinya untuk mengejar peluang dan menciptakan nilai dengan melalui inovasi dan
·        Peter F.Drucker
o   Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different)
Entrepreneurial Mindshet
·        Berpikir simpel
·        Selalu mencari peluang baru
·        Mengejar peluang dengan disiplin tinggi
·        Hanya mengambil peluang terbaik
·        Fokus pada ekskusi
Pilihan
·        Karyawan: Bekerja pada orang lain, professional executive (decision maker)
·        Intrapreneur: Karyawan dengan jiwa kewirausahaan (inovatif dan tajam dalam melihat peluang). Yang dicari adalah kemerdekaan dan akses terhadap resources
·        Entrepreneur: Memiliki usaha yang dikembangkan sendiri, pengambil resiko
·        Social entrepreneur: Pelaku kegiatan sosial berwatak entrepreneur
·        Eco‐Preneur: Wirausaha dalam bidang lingkungan hidup
Karakteristik Intrapreneur
·        Kreatif
·        Percaya diri
·        Mempunyai tanggung jawab
·        Mampu berkomunikasi dengan baik
·        Terbuka menerima hal hal baru
·        Berdedikasi tinggi
·        Selalu bersyukur
·        Optimis
·        Berani mengambil resiko
E-Businnes, E-Commerce
Internet adalah jaringan besar yang menghubungkan jaringan komputer dari bisnis, organisasi, lembaga, pemerintah dan sekolah diseluruh dunia dengan cepat dan hemat.
E-Businnes
·        merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
·        E-Businnes meliputi E-Commerce
E-Commerce
·        E‐commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan
Sistem E-Commerce
·        Electronic Markets (EMs)
o   EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan penawaran dalam sebuah segmen pasar. Contoh : penawaran iklan melalui website
·        Electronic data interchange
o   EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksitransaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasiorganisasi komersial. Contoh : download musik , film
·        Internet commerce
o   Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi nformasi dan komunikasi untuk perdagangan. Contoh: Pembayaran onLine dengan kartu kredit
Karakteristik E-Commerce
1.      Transakasi tanpa batas
o   Dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara international tanpa batas waktu (24 jam)
2.      Transaksi anonim
o   Para penjual dan pembeli tidak harus bertemu
3.      Produk digital dan non digital
o   Produk digital seperti software dapat dipasarkan melalui internet , dengan cara mendownload secara elektronik
4.      Produk barang tak berwujud
o   Banyak perusahaan bergerak dii bidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud seperti software dll.
Beberapa model perusahaan E-Commerce
a.       Business to consume (B-to-C/ B2C)
o   Penjual adalah pebisnis, pembeli adalah consumer.
b.      Customer to customer (C-to-C / C2C)
o   Terdiri dari pengguna internet yang menjual jasa atau produk kepada pengguna internet lainnya.
c.       Peer to peer (P2P)
o   E-commerce yang memungkinkan para pengguna dengan jaringan software yang sama untuk berhubungan antara satu dgn lainnya.
d.      Businnes to businnes (B2B)
o   Penjualan atau pertukaran barang antar perusahaan
Mekanisme E-commerce
·        Pada saat kedua belah pihak mencapai kesepakatan, kemudian diikuti dengan proses pembayaran, yang melibatkan dua bank perantara dari masing‐masing pihak yaitu acquiring merchant bank dan issuing customer bank.
·        Setelah proses pembayaran selesai kemudian diikuti dengan proses pemenuhan prestasi oleh pihak e‐merchant berupa pengiriman barang sesuai dengan kesepakatan.
Keuntungan menggunakan E-commerce
·        Pemasaran global 24 jam per hari
·        Dapat di akses semua orang
·        Mempermudah memberikan informasi
·        Hemat biaya
Permasalahan E-commerce
·        Kemanan (security)
·        Banyaknya penipuan
·        Regulasi/hukum
·        Kesiapan institusi keuangan, bank, e-payment
Peran pemerintah
·        Standarisasi
·        Regulasi,guildelines
·        Membangun dan mengelola infrastruktur
·        Intensitif pad investor, pada peneliti
·        inisiatif

24comments:

  1. salam kenal saja dari saya gan? semoga sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resume Managemen Umum 8-14 >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Resume Managemen Umum 8-14 >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Resume Managemen Umum 8-14 >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK 00

      Hapus
  2. followback please http://infodariom.blogspot.com

    BalasHapus
  3. When i i'm quite pre-occupied regular with the help of my personal clientele, once we extend the company that i please don't contain the instance for the purpose of article writing plus i wanted sooth: Post composing, social networking article writing, fabric for being used in combination with this customers publishing. https://imgur.com/a/1jH2gIe https://imgur.com/a/VzYv9Iu https://imgur.com/a/CEpEn8B https://imgur.com/a/0P5oXs4 https://imgur.com/a/mrDtDRI https://imgur.com/a/DxPxP5j http://2nw9dtshlg.dip.jp

    BalasHapus
  4. Resume Managemen Umum 8-14 >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Resume Managemen Umum 8-14 >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Resume Managemen Umum 8-14 >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Budayakan Komentar dan Dilarang Spam, Blog Maniac Dunia IT sudah menggunakan sistem "Dofollow" jadi anda dapat berkomentaar dengan acount yang di sertai alamat website anda maka anda akan mendapatkan backlink dari Maniac Dunia IT, Silahkan anda meng Copy paste Artikel di Maniac Dunia IT agar bermanfaat bagi sesama, Jangan lupa sertakan sumber yang valid :http://win7maniac.blogspot.com/: